Text Alignment pada Microsoft Excel


TEXT ALIGNMENT
Tutorial Office - Text Alignment digunakan untuk mengatur kesejajaran text yang ada di dalam cell. Dalam menu tab text alignment ada empat macam opsi pengaturan yaitu text alignment, text control, text direction dan text orientation. Pada Materi kali ini kita akan kupas satu per satu fungsi dan kegunaan dari memnu- menu yang ada pada text alignment.


Alignment Horizontal
Text Alignment Horizontal di gunakan untuk mengatur posisi text di dalam cell secara horizontal. Terdapat 8 opsi pemilihan pengaturan text yang dapat sobat gunakan yaitu :
a. General adalah format dasar bawaan dari Excel, biasanya text rata sebelah kiri.
b. Left Indent adalah opsi yang digunakan untuk meratakan text pada sebelah kiri dengan penambahan spasi di sebelah kiri text.
c. Center adalah opsi yang digunakan untuk meratakan text pada posisi tengah.
d. Right Indent adalah opsi yang digunakan untuk meratakan text pada sebelah kanan dengan penambahan spasi di sebelah kanan text.
e.Fill adalah opsi yang digunakan untuk membuat text berulang sampai cell terisi penuh dengan text.
f. Justify adalah opsi yang digunakan untuk meratakan text menjadi rata kanan dan kiri. pada opsi ini akan terlihat perubahanya jika text dalam kondisi wrap text.
h. Center Across Selection, penggunaan pada opsi ini seperti halnya dengan merge and centre, tapi tanpa melakukan merge cell.
i. Distributed (Indent), penggunaanya hampir sama dengan justify, meratakan text menjadi rata kanan dan kiri, text dalam kondisi wrap text.



Dari beberapa opsi diatas, pada umumnya yang sering di gunakan adalah general, left, center dan right. Berikut ini adalah contoh dari penggunaan format Text Alignment Horizontal.


Alignment Vertical
Text Alignment Vertical di gunakan untuk mengatur text di dalam cell secara vertikal. Terdapat lima opsi yang dapat sobat gunakan untuk mengatur posisi text secara vertikal.
a. Top adalah opsi yang digunakan untuk membuat posisi text berada di atas.
b. Center adalah opsi yang digunakan untuk membuat posisi text berada di tengah secara vertikal.
c. Bottom adalah opsi yang digunakan untuk membuat posisi text berada di bawah.
d. Justify adalah opsi yang digunakan untuk membuat text menjadi rata atas dan bawah secara vertikal.
e. Distributed adalah opsi yang digunakan untuk mendistribusikan teks secara vertikal.


 

Berikut ini adalah contoh penggunaan dari Text Alignment Vertical.

 
Ada beberapa catatan dalam penggunaan alignment vertikal diantaranya
* Pada penggunaan opsi top, center dan bottom tidak akan membuat wrap text secara otomatis apa bila teks melebihi lebar dari cell, sedangkan justify dan distributed akan membuat wrap text otomotis apabila text melebihi lebar dari cell.
* Pada penggunaan justify dan distributed akan terlihat mirip jika terjadi wrap text. Perbedaanya adalah jika teks hanya satu baris dan tinggi dari cell dirubah, maka posisi text menggunakan justify akan berada diatas sedangkan distributed berada di tengah.
* Perubahan pada penggunaan teks alignment vertikal hanya terlihat jika tinggi dari cell telah dirubah.

TEXT CONTROL
Pada penggunaan text control terdapat tiga opsi yang dapat sobat gunakan, diantaranya adalah
1. Wrap Text, digunakan untuk mengubah tampilan text apabila tulisan text lebih panjang dibandingkan dengan lebar dari pada cell. Dengan wrap text kita di haruskan merubah tinggi dari cell agar text bisa tampilkan seluruhnya dan text bisa ditampilkan dalam satu cell tanpa harus menabrak cell yang lainnya.
2. Shrink to Fit, digunakan untuk menampilkan text dalam satu cell dengan cara merubah ukuran font dari text secara otomatis. Sehingga ukuran font text akan menyesuaikan dengan lebar dari pada cell.
3. Merge Cells, digunakan untuk menggabungkan dua cell menjadi satu.




Berikut ini adalah contoh penggunaan Text Control


ORIENTATION
Text Orientasi digunakan untuk memutar posisi text sesuai sudut yang telah ditentukan. Terdapat dua opsi penggunaan orientasi diantaranya sebagai berikut.
1. Opsi yang pertama ini digunakan untuk membuat posisi text tampil tegak lurus (vertikal) dengan arah huruf ke bawah. Untuk penggunaanya sobat cukup klik pada bagian kotak tersebut (klik nomor 1 terlihat pada gambar).
2. Opsi yang kedua adalah dengan merubah sudut kemiringan text sesuai yang di tentukan. Pilih kotak bagian orientasi (klik nomor 2 terlihat pada gambar)kemudian tentukan sudutnya dengan memasukkan angka dibawahnya.



Berikut ini adalah contoh penggunaan orientation.


RIGHT to LEFT
Right  to left sangat jarang di gunakan dalam format penulisan text, Secara umum dalam format yang digunakan dalam penulisan text dalam cell menggunakan format context. jika dalam sebuah cell dilakukan format right to left maka setiap melakukan pengetikan posisi kursor harus di letakkan di sebelah kiri text maka text yang diketik akan tampil di sebelah kanan text begitu juga saat melakukan penghapusan text.

 
Sekian pembahasan materi kami tentang text alignment, semoga artikel diatas sangat membantu sobat.

Terima kasih


EmoticonEmoticon