Cara Menggunakan Find & Select di Excel

Tutorial Office - Pada materi kali ini kami akan membahas salah satu fitur yang ada di excel yaitu find dan select. Find & select sering digunakan untuk mencari teks pada sebuah dokumen di excel. Fitur ini sangat bermanfaat karena sangat membantu dalam menemukan sebuah data dengan menuliskan salah satu kata kunci. Untuk menggunakan fitur ini sobat dapat mengakses pada menu ribbon bagian paling ujung sebelah kanan. Bisa juga menggunakan short cut Ctrl + F pada tombol keyboard. Pada kotak dialog terdapatdua menu tab yaitu find dan replace. Baiklah kami akan jelaskan satu persatu penggunaan fitur ini

Find
Find digunakan untuk mencari sebuah data yang terdapat pada dokumen. Berikut ini dalah tampilan kotak dialog pada find besert dengan pilihan - pilihan menunya.

Find & repalce di Excel

Untuk menampilkan menu secara lengkap seperti gambar diatas, klik options.

Terdapat beberapa pilihan menu yang dapat sobat gunakan untuk melakukan pencarian data, diantaranya :

* Find what digunakan untuk menuliskan data yang akan di cari.
* Within, di gunakan untuk mencari lokasi pencarian data. Terdapat dua opsi pada menu ini, yaitu sheet dan workbook.
- sheet digunakan untuk mencari data pada sheet yang aktif.
- workbook digunakan untuk mencari data pada semua sheet yang aktif dalam satu workbook.
* Search, digunakan untuk menentukan cara pencarian data. Terdapat dua opsi yaitu by rows dan by columns.
 - Jika menggunakan by rows maka data yang dicari dimulai dari baris awal sampai akhir kolom kemudian lanjut ke baris berikutnya.
- Jika menggunakan by columns maka data yang dicari dimulai dari kolom awal sampai akhir baris kemudian lanjut ke kolom selanjutnya.
* Look in, terdapat tiga pilihan yang dapat digunakan
- Formulas, digunakan untuk mencari data berdasarkan formula.
- Values, digunkan untuk mencari data berdasarkan value.
- Comments, digunakan untuk mencari data berdasarkan commen.
* Match case, pada pilihan check box ini digunakan untuk mencari data yang sesuai dengan besar dan kecil hurufnya.
* Match entire cell contens, pada pilihan check box ini digunakan untuk mencari data yang harus sesuai dengan yang dicari. Tidak boleh ada penambahan kata lainnya.
* Find All, dengan menggunakan find all. Maka akan mencari keseluruhan data yang dicari dan dikumpulkan menjadi satu dalam list.
* Find Next, dengan menggunakan find next, data yang dicari akan ditampilkan satu persatu.

Replace
Replace digunakan untuk mencari sebuah data sekaligus menggantinya dengan data yang kita tulis.

Find & repalce di Excel

Berikut ini penjelasan beberapa menu yang ada pada replace.

* Find what digunakan untuk menuliskan data yang akan di cari.
* Replace with di gunakan untuk mengganti data yang di cari sesuai dengan tulisan data yang di inginkan.

Untuk pilihan menu yang lain mempunyai fungsi yang sama dengan find.

* Replace all, dengan menggunakan pilihan ini maka data yang ditemukan akan diganti dengan data yang baru secara keseluruhan.
* Replace, digunakan untuk mengganti data yang ditemukan dengan data yang baru secara satu per satu.

Sekian pembahasan materi pada pertemuan kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah wawasan sobat.

Terima kasih



EmoticonEmoticon