Cara Membuat Menu Dependent Drop Down List di Excel

Tutorial Office - Melanjutkan materi sebelumnya tentang cara membuat menu drop down list pada excel. Pada materi kali ini kita akan membuat dependent drop down list. Apa itu dependent drop down list ? Dependent drop down list adalah pilihan menu drop down list yang isinya di dasari oleh isi data dari drop down sebelumnya atau yang lain. Sebagai contoh misalkan pada drop down list yang pertama berisi jabatan seseorang di sebuah perusahaan. Pada drop down yang kedua kita berikan rincian di bagian apa orang tersebut memegang jabatan. Misalkan untuk jabatan engineer maka untuk drop down yang kedua akan berisi pilihan data berdasarkan bagiannya.

Dependedent Drop Down List Excel

Untuk mengisi data drop down list untuk menu pilihan bagian, maka sobat harus buat datanya terlebih dahulu sesuai dengan jabatanya masing - masing, misalkan seperti ini :
* Manager : Production Manager, Commercial Manager, Accounting Manager, Project Manager
* Engineer : Production Engineer, Project Enginer, QC Engineer, Commisioning Engineer
* Supervisor : Production Supervisor, Commisioning Supervisor
* Leader : Leader A, Leader B, Leader C
* Operator : Operator Crane, Operator Forklift, Operator Production
* Helper : Office Boy, Helper Operator

Setelah itu buat datanya pada sheet 2, untuk jabatan di kolom A, bagian dari manager di kolom B, bagian dari engineer di kolom C, bagian dari supervisor di kolom D, bagian dari leader di kolom E, bagian dari operator di kolom F, bagian dari helper di kolom G. Contohnya seperti gambar berikut.

Dependedent Drop Down List Excel

Setelah itu buat nama rangenya dengan cara
1. Blok bagian yang ingin di buat nama rangenya, Misalnya untuk range jabatan maka cell yang di blok A1:A6.
2. Pilih formula pada menu ribbon kemudian pilih define name.
3. Setelah itu beri nama untuk range yang telah di tentukan.
4. Kemudian pilih OK.

Dependedent Drop Down List Excel

Setelah itu buat buat semua range dan nama - nama pada rangenya seperti berikut ini :

Range A1:A6 diberi nama Jabatan
Range B1:B4 diberi nama Manager
Range C1:C4 diberi nama Engineer
Range D1:D2 diberi nama Supervisor
Range E1:E3 diberi nama Leader
Range F1:F2 diberi nama Operator
Range G1:G2 diberi nama Helper


Setelah itu kembali ke sheet 1 kemudian seeting pada cell B5 untuk mengisi data jabatan dengan cara seperti gambar dibawah ini.

Dependedent Drop Down List Excel

Setelah jabatan sudah dipilih maka langkah selanjutnya adalah membuat menu drop down list yang ke dua sebagai data dari bagian.


Fungsi dari Indirect adalah mengembalikan nilai sebuah cell berdasarkan referensi yang di berikan. Kita gunakan cell B5 sebagai referensi untuk hasil dari menu drop down yang kedua.

Jika langkah - langkah diatas sudah sudah di ikuti dengan baik, maka hasilnya akan seperti ini.

Dependedent Drop Down List Excel

Sekian untuk pembahasan materi kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Terima kasih


EmoticonEmoticon