Cara Membuat Menu Drop Down List Menggunakan Data Validation di Excel

Tutorial Office - Setelah pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi tentang cara menggunakan data validation. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat menu pilihan drop down list pada cell. Drop down list merupakan bagian dari data validation, yang fungsinya mempermudah kita mengisi  data pada sebuah cell dengan pilihan yang telah kita tentukan. Dengan menggunakan drop down list juga dapat mengurangi kesalahan dalam pengisian data. Ada dua cara yang dapat sobat gunakan dalam pembuatan menu pilihan drop down list. Pada kesempatan ini, kami akan jelaskan langkah - langkah  pembuatan drop down list beserta dengan contohnya.

Cara Pertama
Pada cara yang pertama ini kita cukup menuliskan pilihan - pilihan menunya pada bagian source data validation. Misalkan kita akan mengisi data jabatan seseorang pada sebuah perusahaan. Pilihan pada jabatan tersebut adalah Manager, Engineer, Supervisor, Leader, Operator, Helper. Maka langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  Langkah 1 - Pilih cell yang akan di isi menu drop dow.
  Langkah 2 - Buka menu data validation.

Menu Drop Down List Pada Excel

  Langkah 3 - Pada bagian allow pilih list.

Menu Drop Down List Pada Excel

Langkah 4 - Isi pilihan menu untuk drop down list pada bagian source.

Menu Drop Down List Pada Excel

Maka hasilnya akan seperti ini.

Menu Drop Down List Pada Excel


Cara Kedua
Cara lain yang dapat digunakan untuk membuat menu pilihan pada drop down list adalah dengan membuat range. Dimana range tersebut nantinya sobat masukkan kedalam source. Langkah - langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1 - Buat data untuk pilihan menu drop down list, sobat bisa menggunakan sheet yang lain untuk membuatnya. Misalnya sobat buat data pada sheet 2 dengan range A1:A6.

Menu Drop Down List Pada Excel

Langkah 2 - Ikuti langkah 1 sampai 3 pada cara pertama tadi.
Langkah 3 - Pilih range pada bagian source, tips dari kami untuk range dapat di lebihkan agar memudahkan sobat dalam mengedit atau menambahkan pilihan data. Misalkan range data sebenarnya A1:A6 maka sobat bisa buat rangenya A1:A10 jadi ada sisa 4 cell yang dapat digunakan untuk menambahkan data.

Menu Drop Down List Pada Excel

Untuk hasil penggunaan cara kedua sama dengan cara pertama perbedaanya terletak saat melakukan perubahan data pilihan pada drop down list. Cara pertama harus mengedit data validationya dengan merubah isi pada bagian source. Sedangkan untuk cara kedua tinggal menambahkan data pada sheet data range yang telah ditentukan tadi.

Sekian untuk pembahasan materi kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua.

Terima kasih


EmoticonEmoticon