Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS pada Microsoft Excel

Fungsi Countif dan Countifs
Tutorial Office - Apa kabar sobat semua ??? Setelah pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK maka pada kesempatan ini kita akan belajar tentang Bagaimana Penggunaan rumus Count IF dan Count IFS.

Rumus Count IF adalah gabungan dari penggunaan rumus Count dan IF yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Rumus ini sering digunakan untuk menseleksi data secara cepat. Baiklah berikut adalah penjelasanya.


1. FUNGSI COUNTIF

Fungsi ini di gunakan untuk menghitung jumlah sel dalam range yang ditentukan dengan satu kriteria tunggal. COUNTIF dapat di gunakan menghitung jumlah sel berupa angka, teks dan tanggal dengan kriteria tertentu. Fungsi COUNTIF juga mendukung operasi logika (>, <, =)

Rumus Syntax :

=COUNTIF(Range, "Criteria")

Penjelasan

Range : Merupakan rentang data yang kita tentukan untuk mengevaluasi data.

Criteria : Merupakan kriteria data yang kita pilih pada range yang di tentukan.

Berikut ini adalah contoh dari penggunaan rumus fungsi Count IF

Fungsi Countif

Pada tabel diatas menujukkan bahwa untuk mengetahui jumlah karyawan yang hadirharus menggunakan rumus :

=COUNTIF(E6:E21;"hadir")


2. FUNGSI COUNTIFS

Secara umum fungsi COUNTIFS mempunyai fungsi yang sama dengan COUNTIF. perbedaanya adalah adanya penambahan kriteria pada range yang telah di tentukan.

Rumus Syntax :

=COUNTIFS (range1, "criteria1", range2, "criteria2", ...)

Berikut ini adalah contoh penggunaan COUNTIFS

Fungsi Countifs

Pada tabel diatas menunjukkan bahwa untuk mengetahui jumlah karyawan dengan jabatan fitter yang hadir dapat menggunakan rumus :

=COUNTIFS(D6:D21,"Fitter",E6:E21,"hadir")

Sekian untuk tutorial Cara Menggunakan COUNTIF dan COUNTIFS

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Terima kasih

1 komentar:


EmoticonEmoticon