Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK pada Microsoft Excel

Fungsi Count CountA Countblank Excel

 Tutorial Office - Apa kabar sobat semua ?? bertemu lagi dengan kami yang akan membagikan ilmu tentang Microsoft Excel. Setelah pada pertemuan sebelumnya kita belajar tentang Fungsi Logika IF  pada pertemuan kali ini kita akan membahas fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK.

Meski dilihat dari namanya fungsi tersebut sama, tetapi satu sama lain mempunyai kegunaan yang berbeda dalam pengolahan data. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita bahas satu persatu materi ini untuk mengetahui bagaimana penjelasanya beserta penggunaan rumusnya.
 
1. COUNT

Fungsi COUNT  digunakan untuk menghitung jumlah data banyaknya value yang berisi numerik (angka) pada sebuah range yang di tentukan.

Penulisan Rumusnya sebagai berikut :

=COUNT(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:

Value1 : Merupakan nilai yang diperlukan pada item pertama, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Value2 : Merupakan nilai opsional yang bisa di tambahkan berdasarkan referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

2. COUNTA

Fungsi COUNTA di gunakan untuk menghitung banyaknya data yang berisi numerik, teks dll pada sebuah range yang ditentukan.

Penulisan rumusnya sebagai berikut :

=COUNTA(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:

Value1 : Merupakan nilai yang diperlukan pada item pertama, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Value2 : Merupakan nilai opsional yang bisa di tambahkan berdasarkan referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.


3. COUNTBLANK

Fungsi COUNTBLANK di gunakan untuk menghitung banyaknya cell yang kosong pada sebuah range.

Penulisan rumusnya sebagai berikut :

=COUNTBLANK(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:

Value1 : Merupakan nilai yang diperlukan pada item pertama, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Value2 : Merupakan nilai opsional yang bisa di tambahkan berdasarkan referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Berikut adalah contoh dari penggunaan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK pada Microsoft Excel

Fungsi Count  Counta  Countblank

Kesimpulan dari gambar diatas adalah

- Pada Cell C5 adalah merupakan hasil dari penggunaan rumus  =COUNT (B5:B13) yang dimana hasilnya adalah 5 yang artinya pada range cell B5 sampai B13 terdapat 5 cell yang berisi data numerik (angka).
- Pada Cell C6 adalah merupakan hasil dari penggunaan rumus  =COUNTA (B5:B13) yang dimana hasilnya adalah 7 yang artinya pada range cell B5 sampai B13 terdapat 7 cell yang berisi data numerik (angka) dan teks (huruf)
- Pada Cell C7 adalah merupakan hasil dari penggunaan rumus  =COUNTBLANK (B5:B13) yang dimana hasilnya adalah 2 yang artinya pada range cell B5 sampai B13 terdapat 2 cell yang tidak berisi data apapun alias kosong.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat

Tetap semangat dan terus belajar

Terima Kasih

1 komentar:


EmoticonEmoticon