Cara Menggunakan Fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN pada Microsoft Excel

Tutorial Office - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi rumus Microsoft Excel tentang Fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDOWN. Penjelasan secara singkat tentang round adalah pembulatan angka pada bilangan dengan jumlah digit yang kita tentukan. Baiklah sobat kami akan jelaskan satu persatu materi kali ini.

ROUND
Round adalah perintah pembulatan angka yang bekerja secara otomatis "jika bilangan angka terakhir dari 0 sampai 4 maka pembulatan akan kebawah tetapi jika angka dari 5 sampai 9 maka pembulatan akan keatas. pada bilangan desimal pembulatan angka juga di tentukan oleh nilai digit.  
Rumus Syntax :
=ROUND (number, num_digits)

Keterangan :
Number - adalah bilangan angka yang akan dibulatkan
Digits - adalah bilangan yang tentukan untuk nilai pembulatan

Berikut adalah contohnya :
Fungsi Round
Dalam pembulatan angka seperti tabel diatas pada angka digit (+) positif berlaku untuk bilangan desimal seperti contoh angka 2.4365 dibulatkan dengan 1 digit maka hasilnya 2.4. sedangkan untuk angka digit (-) negatif berlaku untuk pembulatan ke kiri, contohnya 2436.5 dibulatkan dengan digit (-1) maka hasilnay 2440

ROUNDUP
Roundup adalah jenis pembulatan angka ke atas. secara umum ketentuan dalam nilai digit tidak berbeda dengan round, yang membedakan hanya pembulatan akan selalu keatas. Rumus Syntax :
=ROUNDUP(number, num_digits)

Berikut adalah contohnya :
Fungsi Roundup

ROUNDDOWN
Rounddown adalah jenis pembulatan angka ke bawah. secara umum ketentuan dalam nilai digit tidak berbeda dengan round, yang membedakan hanya pembulatan akan selalu ke bawah.  
Rumus Syntax :
=ROUNDDOWN(number, num_digits)

Berikut adalah contohnya :
Fungsi Rounddown

Sekian untuk materi kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua

Terima Kasih


EmoticonEmoticon